PENCANANGAN DENPASAR SEBAGAI KOTA LAYAK ANAK


denpasar kota layak anakPada hari Kamis, 21 Januari kemarin, bertempat di Kantor Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan diselenggarakan pertemuan Pembahasan Persiapan Pencanangan Kota Denpasar sebagai Kota Layak anak Tahun 2010.

Pertemuan tersebut dibuka Sekretaris Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan Kota Denpasar mewakili Kepala Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan, dimana dikemukakan antara lain bahwa pertemuan diselenggarakan dalam rangka penjajagan awal untuk rencana Pencanangan Kota Denpasar sebagai Kota Layak anak, dengan menghimpun masukan dari berbagai Dinas Instansi yang hadir.

Selain dihadiri dari Dinas instansi terkait pemerintah Kota Denpasar , pertemuan tersebut juga menghadirkan nara sumber dari LSM Lembaga Perlindungan Anak Propinsi Bali Ni Nyoman Masni SH. Ni Nyoman Masni mengatakan ada beberapa persyaratan baik pisik maupun non pisikyang harus dipenuhi untuk mewujudkan Kota Layak Anak( KLA) yaitu : (1) Persyaratan Kesehatan seperti ; Setiap anak punya akte kelahiran yang diperoleh secara gratis, Setiap anak memperoleh ASI Ekslusif minimal 6 bulan, Setiap anak memperoleh Imunisasi lengkap, Setiap anak terjamin mendapat makanan bergizi, Setiap anak mendapatkan Vitamine A setiap tahun minimal dua kali, semua perempuan mendapatkan keterampilan dan setiap permepuan hamil mendapat pemeriksaan kehamilan secara rutin. (2) Persyaratan Pendidikan antara lain; Setiap anak usia dini memperoleh pendidikan usia dini (PAUD), anak usia sekolah tertampung dalam wajib belajar 9 tahun, ada program pengelolaan anak drop out, Semua anak terhindar dari buta aksara. (3) Persyaratan Perlindungan anak antara lin; Setiap anak terhindar dari exploitasi anak seperti gepeng dan lain-lain, anak terhindar dari kekerasan anak, Terciptanya suasana keamanan bagi anak sekolah. (4) syarat kesempatan berperan serta antara lain; anak dapat terbina kehidupan gotong royongnya, Ada peluang bagi anak untuk mengemukakan pendapatnya, anak dilatih untuk ikut serta berperan serta dalam lingkungan bersih dan sehat. Sedangkan dari diskusi yang berkembang dalam pertemuan tersebut diperoleh kesepakatan untuk semuanya memiliki keinginan untuk mewujudkan Denpasar sebagai Kota Layak Anak, dengan kesadaran bahwa keinginan tersebut bukan semata-mata hanya untuk memperoleh Penghargaan, akan tetapi lebih dari hal tersebut bahwa mewujudkan kota Layak anak adalah kewajiban bagi orang dewasa secara tulus iklas untuk mewujudkannya.

Oleh karena itu, setelah pencanangna tersebut semua berharap akan terjalin kerjasam kemitraan dan partisipasi anatara pemerintah dan pelaku lainnya dengan memberi kontribusi yang dpat disumbangkan untuk itu. Demikian dari pertemuan Pencanangan Kota Layak anak Kota Denpasar.

sumber

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s