Tidak terasa,  Mimbar Anak Bali III yang berlangsung tanggal 24-25 Juni sudah menjadi memori di otak kita semua. Bisa dikatakan bahwa kegiatan yang berlangsung di Balai Pelatihan dan Kesehatan ini merupakan yang paling sukses dari serangkaian kegiatan Mimbar Anak Bali sebelum-sebelumnya. MAB III bertujuan untuk menyatukan aspirasi semua anak Bali saat ini sekaligus memilih delegasi Bali yang selanjutnya akan berangkat ke Kongres Anak Indonesia VIII/2009 dan Forum Anak Indonesia (FAI).  Tiap kabupaten/kota diwakili masing-masing 5 dengan melalui proses seleksi yang ketat.

Tentunya persiapan Mimbar Anak Bali III ini tidak main-main, dibawah bimbingan Ibu Masni, selaku ketua Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Bali (LPA) bersama Forum Anak Daerah Bali, akhirnya Mimbar Anak Bali III pun siap dilaksanakan.Kira-kira seperti apa ya kegiatan di sana?

Hari I

MAB III berlangsung selama 2 hari. Pada hari pertama, diisi dengan registrasi yang dimulai dari pukul 8 pagi. Selanjutnya adalah acara pembukaan yang dibuka oleh Ibu Masni dan dilanjutkan dengan doa bersama. Tentunya dengan dipukulnya gong sebanyak 3x menandakan bahwa MAB III dibuka.

Langsung saja, peserta MAB III akan mengikuti serangkaian acara-acara yang sudah disiapkan pantia. Dituntun oleh MC MAB III yakni Christina Prapmika (Kak Titin) bisa dikatakan, jadwal mereka sangat padat. Para peserta diberikan materi-materi untuk menambah pengetahuan mereka tentang dunia anak dalam berbagai bidang. Seperti misalnya Kebijaksanaan tentang Perlindungan Anak yang diisi oleh Bapak Dr. I Nyoman Gunadi (BP3A Bali), kemudian mengenai Perlindungan Khusus dan Jaringan yang disampaikan oleh Ibu Yuni (KPAID Bali).

Dengan Moderatornya Kadek Ridoi Rahayu (Kak Doi) yang interaktif, selanjutnya peserta MAB juga diberikan materi mengenai Issu Seputar Pendidikan sekaligus Anak Sehat,Cerdas, dan Berkualitas oleh Ibu Rai (Disdikpora Bali) dan Bapak Nyoman Suarcayasa (Dinas Kesehatan Prov.Bali).Peserta MAB juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumbernya langsung. Wah sepertinya menyenangkan sekali ya!

Setelah mendapatkan materi yang cukup, peserta MAB beristirahat sejenak untuk makan siang. Tepat pada pukul 1 siang, dilakukan kegiatan selayang pandang FAD Bali oleh Ketua FAD Bali, Kak Doi. Sosialisasi mengenai Forum Anak Daerah Bali ini sangat penting untuk mengetahui keberadaannya di Bali ini, jadi bagi mereka yang suka berorganisasi, berprestasi, dan berdedikasi khususnya dunia anak, bisa langsung menghubungi FAD Bali.

Nah, acara dilanjutkan dengan pemutaran film Tobacco. Setelah menonton film, peserta diajak untuk memberikan opini mengenai film tersebut di sebuah kertas dan kemudian ditempel di papan yang telah disediakan. Opini mereka bagus-bagus! Bahkan ada yang mengatakan, kalau merokok, nanti hidupnya hanya sebatas panjang puntung rokok. Hebat yah bermain kata-kata ^^

Setelah pemutaran film, acara dilanjutkan dengan diskusi regional dan outbond. Menyenangkan sekali yah mendapat teman baru dari berbagai daerah . Nah, setelah capek bermain-main ria, peserta diberikan kesempatan untuk mandi dan selanjutnya melakukan persembahyangan

Wah seru yah. Setelah semua sudah siap kembali di ruang auditorium, maka dimulailah presentasi Kabupaten/Kota dengan masing-masing kabupaten/kota diwakilkan oleh 2 orang. Setelah melalui penyampian yang sangat menarik dari masing-masing kabupaten/kota acara dilanjutkan dengan sharing KAI dan FAI serta permilihan korwil.

Fiuh, selesai sudah perjalanan peserta dan panitia MAB III untuk hari pertama. Eits…masih ada hari kedua lho. Mau tau seperti apa?

Nantikan MAB III/2009  in memorian part II

**mai_3**

Komentar
  1. nara mengatakan:

    hore ada aku

  2. aDHi ParAmaNanDana mengatakan:

    jenengku nugh……😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s