Kongres Anak Indonesia VIII/2009 : Bebaskan Kami dari Eksploitasi, Kekerasan, Penelantaran, dan Diskriminasi [Day 1]

Posted: 16/08/2009 in Forum Anak Indonesia 2009, Kongres Anak Indonesia VIII/2009
Tag:, , , , ,

logo KAI

Kongres Anak Indonesia merupakan salah satu agenda penting yang harus terus dilaksanakan, karena kegiatan ini merupakan wahana bagi anak-anak untuk dapat menyuarakan masukan, pendapat dan pandangan tentang persoalan pelanggaran hak anak yang terjadi di tiap daerah.

Oleh karena itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, Bali mengirimkan 12 Duta Anak Bali yang mana 8 diantaranya berangkat ke Kongres Anak Indonesia (1 orang Duta Anak Indonesia) dan 4 orang untuk berangkat ke Forum Anak Indonesia (1 orang dari Pemimpin Muda Indonesia). Tidak lupa kami juga didampingi oleh 3 orang pendamping yakni Bu Masni, Mbak Titik, dan Pak Sadha.

KAI kali ini berlangsung di Depok, Jawa Barat. Oleh karena itu, kami, Duta Anak Bali sudah berangkat pada tanggal 19 Juli 2009, tepatnya hari Minggu. Kami menginap terlebih dahulu di rumah Tantenya Dyah.

Tentunya sebelum esok harinya kami akan berpencar menuju tempat kegiatan masing-masing (KAI di Depok, FAI di Puncak), kami melakukan persembahyangan dahulu ke Pura yang berada di Jakarta, Rawamangun.

Tidak terasa hari begitu cepat berlalu dan pada pagi harinya, anak-anak KAI segera menuju Depok. Pada hari ini pula, teman-teman FAI juga turut serta mendampingi kami karena FAI baru akan dimulai pada tanggal 21 Juli.

Setelah sampai di Depok tepatnya di Graha Insan Cita, kami segera melakukan registrasi terlebih dahulu. Tak lupa kami menurukan barang-barang. Sembari kami mengisi formulir pendaftaran, kami berkenalan dengan teman-teman dari daerah-daerah lain. Yang paling pertama menyapa kami adalah anak-anak Lampung. Mereka sangat ramah, tentu saja hal tersebut merupakan awal yang menyenangkan bagi kami.

Tak hanya teman-teman dari lampung, dari daerah yang lain kami juga berkenalan. Tentu saja, beda daerah, beda aksen pula. Sepertinya kami sudah berkeliling ke seluruh Indonesia karena dimana-mana bertemu dengan orang dari berbagai daerah dan berbagai dialek.

Setelah dirasa cukup lapar, kami pun makan siang. Sungguh menyenangkan, suasana ruang makan sangat ramai dengan bunyi-bunyi sendok dan garpu yang bersahutan dan perbincangan teman-teman.

Kami, kontingen Bali makan dalam satu meja makan yang besar dan makan bersama-sama. Gelak canda tawa menghiasi selama kami menikmati santapan siang yang tersedia.

Setelah menikmati makan siang, aku dan Dayu Ita harus mengikuti pelatihan fasilitator terlebih dahulu. Sedangkan teman-temanku yang lain sedang berjuang keras berlatih untuk pembukaan KAI esok harinya. Teman-teman FAI dan pendamping kami juga turut serta membantu kami agar Bali berhasil menampilkan yang terbaik untuk pembukaan.

*********************************

Aku dan Dayu Ita sampai pukul 21.00 nantinya harus mengikuti pelatihan fasilitator. Pertama-tama kami berkenalan terlebih dahulu dengan teman-teman yang ikut pelatihan juga. Setelah berkenalan yang dikreasikan dalam bentuk permainan, kami segera menyusun draft komisi untuk dibahas lusa.

Usai penyusunan tersebut, kami melakukan voting untuk memilih Presidium yang esok harinya akan memimpin sidang. Hingga terpilihlah Ahmad Syukri (Sumatra Barat) sebagai Ketua, Rizka Megarianti Putri (Kalimantan Barat) sebagai sekretaris dan Reza Saputra (NAD) sebagai anggota.

**************************

Pada pukul 16.00-18.00, peserta KAI sedang mengikuti kegiatan diskusi dan nonton film bersama Laskar Pelangi sekaligus Film Fakta dibalik Industri Rokok. Kegiatan ini berlangsung sangat seru. Selain itu pula diadakan pemilihan untuk menyambut Kak Seto esok harinya sewaktu acara pembukaan.

Karena sangat asyiknya mengikuti kegiatan bersama-sama, tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 22.00 waktu setempat. Kami pun bersiap-siap ke kamar dan tidak sabar kejutan apa yang akan menunggu kami esok harinya.

[cont.]

**Mai_3**

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s