Kongres Anak Indonesia VIII/2009 : Bebaskan Kami dari Eksploitasi, Kekerasan, Penelantaran, dan Diskriminasi [Day 3]

Posted: 16/08/2009 in Kongres Anak Indonesia VIII/2009
Tag:, ,

Ternyata perjalanan di KAI sudah menandakan di hari ke 3. Pada hari ini, kami akan langsung masuk ke komisi-komisi untuk mendiskusikan mengenai masalah-masalah terkait dengan komisi yang bersangkutan. Sidang Komisi ini berlangsung selama 4 jam yang selanjutnya diselingi dengan coffe break. Dalam sidang komisi ini, selain membahas mengenai masalah-masalah anak, juga harus dirumuskan rencana tugas duta anak dari masing-masing komisi, kemudian merumuskan 2 draft suara anak dari masing-masing komisi dan memilih 4 calon duta anak dari komisi masing-masing.

Setelah sidang komisi selesai, dilanjutkan dengan santap siang dan kemudian sidang paripurna II. Sidang paripurna II ini yakni membahas hasil-hasil komisi yang tadi dengan 2 orang perwakilan dari tiap komisinya untuk ke depan mempresentasikan sekaligus mempertanggung jawabkan hasil sidang komisinya. Kemudian di sinilah terjadi diskusi yang sangat menarik. Ada yang setuju, ada yang tidak setuju, namun tetap pada nantinya akan menghasilkan satu keputusan.

Setelah sidang paripurna II selesai, dilanjutkan dengan sidang paripurna III yakni dengan agenda penetapan nama-nama calon Duta Ank Indonesia 2009. Dari Bali, terpilih 3 calon duta anak yakni Dyah (Kesehatan), Tanti (Perlindungan Khusus), Dede (Partisipasi). Calon-calon duta anak ini nantinya akan memberikan visi misinya apabila menjadi Duta Anak Indonesia.

***************************

Hujan deras mengguyur Graha Insan Cita malam itu. Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat kami untuk makan malam dan melanjutkan sidang paripurna III. Pada sidang paripurna III ini, masing-masing calon duta anak akan diberikan waktu 5 menit untuk menyampaikan visi-misinya.

Pemilihan duta anak dilakukan per kontingen, jadi setiap kontingen diberikan kesempatan memilih duta anak dari masing-masing komisi. Namun sebelum penyampaian visi dan misi, Duta Anak Indonesia tahun 2008 menyampaikan laporan pertanggung jawabannya selama menjabat sebagai duta anak. Pada laporan pertanggung jawaban tersebut, dipertontonkan sebuah film hasil garapan para duta anak.

Setelah pelaporan pertanggung jawaban, ada seorang teman kami dari daerah lain bercerita mengenai kekerasan yang dialaminya dengan saudaranya selama ini. Seketika suasana menjadi haru dan membuat kami tersadar bahwa anak-anak Indonesia harus diperjuangkan hak-haknya.

Setelah suasana haru tersebut menjadi tenang kembali, Bunda Lisda datang dan memberi pengarahan. Selain itu pula, beliau memnginformasikan bahwa Bangka Belitung siap menjadi tuan rumah KAI selanjutnya. Tentu saja semua riuh bertepuk tangan. Siapa yang tidak mau mendapat kesempatan menjajaki negeri Laskar Pelangi. Beliau juga berkata bahwa hal tersebut akan dipertimbangkan terlebih dahulu.

******************************

Penyampaian visi dan misi segera dimulai. Satu persatu calon duta dari tiap komisi menyampaikan visi dan misinya. Setelah itu, dilakukan voting dan terpilihlah 10 Duta Anak Indonesia dengan 2 masing-masing dari tiap komisi yakni:

1. Duta Anak Pendidikan
Tajoel Anshor F Halimy (Kalimantan Barat)
Indah Darapuspa (Kepulauan Riau)
2. Duta Anak Kesehatan
Wiranda Galang Pratama (Lampung)
Klara Sinta (Sumatera Selatan)
3. Duta Anak Perlindungan Khusus
Haidar Abdurrahman (Jawa Barat)
Yanita Ristanti Purwitadewi (Bali)
4. Duta Anak Partisipasi
Windy Cahyani (Banten)
Sri Mahadhana (Bali)
5. Duta Pemilihan Anak dan Jaringan Anak
Reza Satria (Aceh)
Binar Alkautsar (Bangka Belitung)

Selamat kepada teman-teman yang terpilih sebagai Duta Anak Indonesia, khususnya Dede dan Tanti dari Bali. Semoga dapat mengemban tugas dengan baik. Untuk teman-teman yang lainnya, selamat karena telah berusaha memberikan yang terbaik untuk Bali.

**************************

Setelah acara malam itu selesai, kami disuruh berisirahat dengan baik karena esok harinya akan menghadiri puncak Hari Anak Nasional di Ancol. ^^

[cont.]

**Mai_3**

Komentar
  1. Wiranda galang pratama mengatakan:

    Waaah…
    Jd inged masa-masa bahagia di KAI 8..
    Dg nomor urud 8..
    ggu terpilih menjadi duta anak indonesia di KAI 8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s