KAI IX 2010 DAY 3

Posted: 12/08/2010 in Forum Anak Daerah Provinsi Bali (FAD BALI)

Hari ini adalah hari dimana anak-anak KAI 2010 dapat merefresh otak mereka sejenak setelah larut dalam siding yang berkepanjangan dan melelahkan. Sesuai rencana pagi-pagi kami berangkat ke suatu tempat yang cukup gersang dengan mengendarai bus, kami akan mengadakan kegiatan menanam pohon. Setelah diberikan pengarahan oleh para petugas tentang cara menanam pohon yang benar, penanaman pohon dimulai dengan semangat kebersamaan. Tak terasa 1 jam sudah berlalu, kami bergegas untuk kembali ke bus masing-masing. Perut kami sangat lapar, karena sebelum berangkat kami belum sarapan pagi. Untungnya sudah disediakan makanan oleh panitia. Lantas dengan sangat lahap, kami menghabiskan sarapan kami. Setelah perut kenyang kami melanjutkan perjalanan pulang ke hotel, ditemani lagu pop masa kini. Kami menyanyi disepanjang perjalanan, sehingga lupa waktu jika kami sudah dekat hotel
Sesampainya di hotel kami langsung masuk ruang aula untuk menonton 2 teman kami yang akan membacakan Suara Anak Indonesia di Jakarta dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN), oya sebelumnya mereka sudah berangkat dari Babel ke Jakarta kemarin untuk gladiresik. Saat yang kami tunggu tak kunjung tiba….. tapi kami tetap antusias, sampai seseorang yang tegar melangkah maju kehadapan kami, dengan wajah yang pucat, ya siapa lagi kalau bukan sekjen Komnas PA. perasaanku sudah tidak enak.. akankah Suara Anak Indonesia tidak dibacakan?? Semua keraguan terjawab sudah..Suara Anak Indonesia gagal dibacakan karena protocol acara HAN menilai tidak memiliki waktu lebih. Sontak seisi gedung aula terisak, menangis, berteriak, bahkan sampai ada yang pingsan. Ini kah akhir dari pengorbanan kami selama ini?? Yang berjuang tanpa lelah, melewatkan hari-hari kami disekolah dan balasan dari pemerintah adalah declaration of Indonesian children will not be declared !! namun kami tidak akan larut dalam kesedihan, kak amel membangkitkan kami dari keterpurukan, bahkan kami sempat-sempatnya bersajojo ria. Setelah itu kami diajak untuk mengunjungi masjid terbesar di Pulau Bangka, dan saudara-saudara kami yang beragama islam dipersilahkan untuk beribadah. Oya saking ramahnya warga disana, kami sampai disuguhkan makanan loh!! Setelah itu dilanjutkan dengan rekreasi ke peternakan sapi. Namun sesampainya kami disana, cuaca tidak mendukung. Hujan lebat mengguyur temapat kami berekreasi, tapi hal ini tidak mematahkan semangat kami, dan kami tetap bersuka cita. Huh!! Lelah sekali badan kami, kami pun segera balik ke hotel untuk ISHOMA. Sorenya saya menyempatkan diri untuk bermain bola bersama teman-teman. Teman kami dari Papua, Teus bermain sangat baik dan membuat banyak gol sehingga tim kami menang telak atas tim kak Dede.
Malam harinya kami terpesona dengan pertunjukan dari provinsi-provinsi yang tampil, ada tari-tarian yang anggun dari Kalimantan Selatan, ada nyanyian dari Batam, oya Bali menampilkan Tari Pendet yang dibawakan oleh Kak Indri, Kak Dayu Manik, Kak Tanti , dan Kak Nandika. Penampilan mereka luar biasa bagus. Setalah itu dilanjutkan dengan pertunjukan dari provinsi selanjutnya, ada salah satu provinsi yang menampilkan pertunjukan seperti Opera Van Java, wah unik unik ya….. tak terasa malam sudah larut kami pun kembali ke kamar masing-masing, Karena besok kami harus check out pagi-pagi. Sebelum kembali ke kamar, kami semua menyempatkan diri untuk berfoto-foto ria dengan teman-teman dan aku juga sempat berfoto dengan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, yapp Kak Arist Merdeka Sirait. Tak lupa kami saling tukar menukar nomor hp, tak sedikit pula yang menangis, karena sedih harus berpisah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s