tips menjaga kesehatan gigi anak

Posted: 25/09/2010 in Forum Anak Daerah Provinsi Bali (FAD BALI)

Perawatan dan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya dimulai sejak dini, dan masa kanak-kanak adalah waktu yang tepat untuk itu. Orang tua memegang peranan penting disini karena orang tua secara langsung setiap hari berinteraksi dengan anak dan bertanggung jawab penuh terhadap kesehatan anak, khususnya kesehatan gigi. Berikut tips dan hal yang patut menjadi perhatian para orang tua :

*
Berikan asupan kalsium yang cukup agar gigi anak anda kuat. Jumlah asupan kalsium yang direkomendasikan untuk anak usia 4-8 tahun adalah sebanyak 800mg. Susu adalah sumber kalsium yang cukup baik untuk anak.
*
Hindari memberikan minuman gula dalam botol (susu botol) kepada bayi atau anak anda. Mengapa? karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan (karies/lubang) gigi, terutama karies di bagian gigi depan anak anda. Jenis kerusakan gigi ini sangat cepat perkembangannya.
*
Sikatlah gigi anak anda, jika mereka belum mampu menyikat gigi mereka sendiri. Lalu ajarlah mereka menyikat gigi, hingga mereka dapat melakukannya sendiri. Awasi, cara mereka menyikat gigi, apakah sudah tepat atau belum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s